PPP Mendukung Keputusan Presiden Tentang Perppu Pemilu Serentak

PPP Mendukung Keputusan Presiden Tentang Perppu Pemilu Serentak

PPP.Jatim  – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Pilkada Serentak.

Perppu itu akan mengatasi tujuh daerah yang memiliki hanya satu calon untuk bertarung pada Pilkada, 9 Desember nanti.

“‎Kami dukung itu (Perppu, red). Agar pemerintahan ini tidak stagnan,” kata Wakil Sekjen PPP Asrul Sani di Jakarta, Rabu (5/8).

Ia menjelaskan jika pilkada di beberapa daerah ditunda karena hanya diikuti calon tunggal, maka dikhawatirkan mengganggu pembangunan daerah.

Pasalnya, pelaksana tugas (Plt) yang menjabat sementara sambil menunggu pejabat defenitif, tidak bisa mengambil kebijakan strategis. Plt hanya menjalankan kebijakan yang sudah ditetapkan pada tahun anggaran sebelumnya.

“Kami tidak punya kepentingan terselubung terkait itu. Calon kepala daerah dari partai kami tidak banyak karena masih sengketa,” tutur anggota Komisi III DPR ini.

“PPP mendukung dalam arti mempersilakan pemerintah mau melakukan itu. Persoalannya agar pembangunan di daerah tidak terhenti,” tambahnya.

Dia menegaskan Perppu memang produk hukum yang dikeluarkan jika negara dalam keadaan genting‎. Namun, situasi genting diterjemahkan berbeda oleh tiap presiden.

“Genting kan selama ini terjemahannya subjektif presiden. Presiden anggap genting, ya itu persoalan never ending debate,” tegasnya.(beritasatu)