Aba Rofik, Anggota F-PPP DPRD Jatim Salurkan Bantuan Infrastruktur

Aba Rofik, Anggota F-PPP DPRD Jatim Salurkan Bantuan Infrastruktur

Anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) H. Rofik, SH, MH, melakukan Reses II Tahun 2020
DPRD Provinsi Jawa Timur Dapil V Kabupaten Jember dan Lumajang, masa jabatan 2019 – 2024, di beberapa titik. Kegiatan reses ini dalam rangka penyerapan aspirasi masyarakat Kabupaten Jember dan Lumajang. Digelar sejak tanggal 13-20 September 2020.

Jaring asmara (aspirasi masyarakat) dari anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini pertama kali dilakukan di Desa Gedang Mas, Jalan Randu Agung. Tepatnya di Aula SMK Roudlotul Ulum yang merupakan salah satu tempat H. Rofik memberikan jaring asmaranya berupa 3 gedung ruang kelas baru (RKB) dan 2 RKB di MADIN.

“Karena reses dilakukan di tengah-tengah pandemi covid-19. maka pesertanya dibatasi,” ungkap Akhmad Jauhari, Tim Ahli (TA) F-PPP DPRD Jatim, saat mendampingi Aba Rofik reses. Di saat reses, Aba Rofik berpesan pentingnya mengatasi masalah covid-19 yang melanda negera ini.

“Beliau berpesan agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Memakai masker, cuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, dan menjaga jarak. Beliau menghimbau itu semua harus dipatuhi oleh masyarakat. Apalagi di Jawa timur sudah menerbitkan perubahan peraturan daerah tentang praktikum ketertiban umum yang sudah menjadi lembaran daerah tanggal 14 Agustus 2020,” ungkap Jauhari, panggilan karibnya.

Kemudian di tempat lain (Labruk Lor) Lumajang, Aba Rofik melakukan silaturahmi dengan masyaraka sekitar. Di sana Ia kembali menjelaskan tentang dampak pandemi covid-19 serta meminta masyarakat sabar dan menjaga kesehatan. Di Labruk Lor ini Aba Rofik memberikan bantuan/ memfasilitasi pembangunan gedung RKB di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tarbiyatul Muttabi’in Labruk Lor sebanyak 5 RKB.

“Kemudian titik ketiga reses dilakukan di Desa Jatiroto, meresmikan jalan aspal yang tahun ini sudah dinikmati masyarakat. Selama ini jalan tersebut sangat susah dan sulit dilalui. Alhamdulillah jalan yang panjangnya sekitar 750 meter dengan lebar 3 meter sudah bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar dengan nyaman”, pungkasnya.

Selain memberikan bantuan berupa bangunan fisik, mantan Ketua PCNU Lumajang ini juga menerima masukan terkait dampak ekonomi masyarakat karena covid-19. Mendengarkan keluhan dari para wali murid yang menginginkan anaknya segera sekolah seperti biasa, dan keluhan atau masukan-masukan lain.

Atas keluhan dan masukan tersebut, Aba Rofik menyampaikan agar masyarakat sabar dan berharap tetap melakukan aktivitas, dengan catatan menjaga protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Mengingat, hingga sekarang vaksin covid-19 masih dalam masa uji coba.

“Kita berharap vaksin covid-19 ini segera selesai dan ekonomi masyarakat pulih. Beliau juga menyampaikan soal KBM (Kegiatan Belajar Mengajar). Selama ada persetujuan wali murid KBM bisa dilakukan, walaupun ini agak sulit. Perlu perlu persetujuan dari wali murid dan komite”, paparnya.

Dijelaskan, tahun ini reses anggota DPRD Jatim dari FPP lebih banyak membantu merealisasikan pembangunan fisik (infrastruktur) untuk TPA, TPQ, MI yang sudah diusulkan dan diperjuangkan semaksimal mungkin.

Mantan anggota DPRD Lumajang 3 periode ini, mengungkapkan, reses yang dilakukan oleh H. Rofik (F-PPP) sesuai prosedur dan secara tersurat diketahui oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Perlu dipahamkan, bahwa ini memang kewajiban anggota DPR yang sudah diatur oleh undang-undang. Ada pemberitahuan. Alhamdulillah para kades, tokoh masyarakat, masyarakat merespon baik. Bahkan di Desa Jatiroto dan Desa Gedang Mas, kepala desanya, tokoh tokoh-tokoh di sana turut hadir acara reses. Ini kan kewajiban anggota DPR ketemu langsung dengan masyarakat”, tukasnya.

Karena masih suasana pandemi Covid-19, maka acara jaring asmara dibatasi 50 orang (sebelumnya reses I hanya boleh dihadiri 5 orang) dengan mentaati protokol kesehatan.