Arwani Gelar Empat Lomba untuk Santri, Pelajar dan Masyarakat Umum

Arwani Gelar Empat Lomba untuk Santri, Pelajar dan Masyarakat Umum

Dalam rangka momen Ramadan 1441 Hijriyah, Waktum DPP PPP, Ketua Fraksi PPP MPR-RI, sekaligus Wakil Ketua Komisi II DPR-RI Arwani Thomafi, mendorong kreativitas pelajar, santri, remaja hingga masyarakat umum mengembangkan potensi. Politisi asal Lasem Rembang itu memfasilitasi mereka dengan menggelar berbagai perlombaan khas momen Ramadan. Tiga perlombaan yang digelar adalah menyanyikan lagu religi, khitobah, tahsin Alquran dan video pendek.

Lomba menyanyi religi syarat pesertanya adalah laki-laki dan perempuan berusia 15-20 tahun dan berdomisili di Rembang, Pati, Blora atau Grobogan. Lagu yang digunakan adalah shalawat Thibbil Qulub, dengan kriteria penilaian keindahan suara dan teknik vokal.

Teknisnya, peserta merekam video lagu dengan diiringi musik atau karaoke. Video diunggah di instagram TV, lalu ditag ke akun @arwani.thomafi dan @fppp_mprri dengan menulis tanda tagar atau hashtag #RamadanKreatifBarengArwani. Kemudian di-mention ke lima akun instagram teman lainnya.

Lomba khitobah husus untuk santri yang berada di Rembang, Blora, Pati atau Grobogan. Tema khitobah adalah “Ramadan Lahirkan Muslim yang Tangguh” dan “Ramadan dan Optimisme di Tengah Wabah Covid-19”. Teknis perlombaan, khitobah direkam dalam bentuk video, dengan durasi maksimal tujuh menit. Video diunggah di instagram TV, lalu ditag ke akun @arwani.thomafi, @dpp_ppp @fppp_mprri dengan menulis tanda pagar.

Untuk lomba tahsin Al-Quran khusus pelajar SD/MI di Rembang, Pati, Grobogan dan Blora. Teknis perlombaan adalah merekam video membaca Alquran Surat Ad-Dhuha. Video diunggah di instagram TV, ditag ke akun @arwani.thomafi dan @fppp_mprri, dengan menulis tanda hashtag #RamadanKreatifBarengArwani. Selanjutnya, video dimention ke tiga akun instagram teman lainnya. Kriteria penilaian adalah kefasihan, pelafalan dan penghayatan.

Lomba terakhir adalah kreasi video pendek Fraksi PPP MPR-RI. Pesertanya adalah adalah WNI yang tinggal di wilayah hukum Indonesia. Peserta bisa individu atau kelompok dan tidak dibatasi usia. Video belum pernah dipublikasikan dan diikutsertakan dalam perlombaan lain.

Ketentuan perlombaan adalah durasi video maksimal 7 menit dan diunggah melalui akun instagram TV peserta, dengan tag ke akun @fppp_mprri, @dpp.ppp dan @arwani.thomafi serta mention ke tiga akun teman lainnya. Ditulis dengan hastag #KreatifSaatCovidBersamaPPP. Video tidak mengandung ujaran kebencian, provokasi, pornografi, menyinggung Suku, Agama dan Ras (SARA) serta konten yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kriteria penilaiannya adalah video memberi pesan optimis kepada masyarakat di tengah wabah pandemi Covid-19 serta orisinalitas ide dalam pembuatan konten video. Khusus video pendek, kontak informasi adalah Sri Herlina 0895-0387-7062 atau Adrian Azhari Akbar 0813-6192-1724. Panitia lokal perlombaan, Kholid Suyono mengatakan, seluruh peserta lomba wajib menunjukkan kartu identitas diri (Kartu Keluarga, Kartu Pelajar, KTP, SIM) dengan menggunggah melalui: Submit Form.

“Peserta juga wajib mengikuti (follow) akun instagram @fppp_mprri, @arwani.thomafi, dan @dpp.ppp. Kontak person lomba adalah 082226339339 (Blora), 085290461236 (Grobogan), 085229821673 (Pati) serta 085229234547 (Rembang),” terang Suyono.

Khusus lomba lagu religi, khitobah dan tahsin Alquran masing-masing lomba diambil tiga juara dengan hadiah jutaan rupiah. Sedangkan lomba video pendek diambil hingga harapan 3, dan juga lima video paling banyak mendapatkan like.

Sumber: SuaraMerdeka