Bantuan ‘Gemarikan’ Diharapkan Mampu Tingkatkan Imunitas Masa Pandemi Covid-19

Bantuan ‘Gemarikan’ Diharapkan Mampu Tingkatkan Imunitas Masa Pandemi Covid-19

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia bekerja sama dengan Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), Ema Umiyyatul Chusnah (Ning Ema) membagikan 1.000 paket bantuan olahan ikan dan ikan segar beku kepada warga di Kabupaten Jombang.
Paket bantuan olahan ikan dan ikan beku ini dibagikan kepada masyarakat Kabupaten Jombang yang secara simbolis diwakili Kecamatan Mojowarno dan Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang. Diharapkan, paket bantuan olahan ikan dan ikan beku ini bisa meningkatkan imunitas masyarakat saat Pandemi Corona (Covid-19) seperti sekarang ini.

Ema Umiyyatul Chusnah mengungkapkan, dirinya dan KKP juga peduli kepada masyarakat terdampak Pandemi Covid-19 yang ada di Kabupaten Jombang.

Untuk peningkatan imun, kita beri makanan bergizi, termasuk olahan ikan dan ikan segar,” ujar Ning Ema saat pembagian paket olahan ikan dan ikan beku di Pendopo Kantor Kecamatan Mojowarno, Jombang, Rabu (03/06).

Dia menambahkan, selain untuk meningkatkan imunitas warga saat Pandemi Covid-19, paket bantuan juga bertujuan untuk menurunkan angka stunting yang ada di Kabupaten Jombang.

“Agar angka stunting bisa berkurang, dan saat ini karena ada Covid-19, kita juga membantu masyarakat terdampak (Pandemi) Covid-19,” tambah Ning Ema.

Sementara itu, Agus Triyono, petugas dari Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia menjelaskan, dalam satu paket bantuan dari KKP ini terdapat empat jenis olahan ikan dan ikan segar beku yakni Abon Ikan Lele, Otak-Otak, Ikan Patin beku, dan Ikan Bandeng segar.

“Dan ada brosur manfaat makan ikan, kita juga membagikan beberapa masker untuk masyarakat, terutama yang terdampak Covid-19,” jelas Agus Triyono.

Selain itu kata Agus Triyono, Safari Gemarikan juga bertujuan untuk meningkatkan angka konsumsi ikan, di daerah-daerah di Indonesia. Disinggung lebih lanjut, apa tujuan pembagian paket bantuan dari KKP ini saat masa Pandemi Covid-19, Agus Triyono menerangkan, sesuai arahan dari Presiden RI, ikan mempunyai kadar protein yang tinggi yang bisa digunakan untuk ketahanan fisik dari masayarakat.

“Sehingga bisa melawan Corona. Kegiatan ini juga diharapkan bisa menyerap produk lokal. Seperti produk ikan beku dari UKM-UKM kita serap untuk dibagikan lagi kepada masyarakat,” terang Agus Triyono