Gus Ipul Nomor 1,Teno Nomor 2, Apa Arti Nomor Urut Ini Bagi Paslon ?

Gus Ipul Nomor 1,Teno Nomor 2, Apa Arti Nomor Urut Ini Bagi Paslon ?

Rapat Pleno Pengundian Nomor Urut Paslon Pilwali Pasuruan 2020 digelar, Kamis (24/9). Paslon Saifullah Yusuf-Adi Wibowo (Gus Ipul-Mas Adi) mendapat nomor urut satu. Sedangkan rivalnya Raharto Teno Prasetyo-Mochammad Hasjim Asjari (Tegas) dapat nomor urut dua.

Pengundian nomor urut itu terbilang unik. Sebelumnya, masing-masing calon wakil wali kota diminta mengambil undian abjad huruf A hingga E. Mochammad Hasjim Asjari diberi kesempatan pertama mengambil gulungan kertas undian, karena lebih dulu mendaftar di KPU. Kemudian, disusul Adi Wibowo.

Keduanya membuka gulungan kertas itu bersamaan dan ditunjukkan kepada peserta rapat pleno. Kertas yang diambil Hasjim tertulis huruf C, sedangkan Adi mendapatkan huruf E. Itu artinya, paslon Tegas dapat kesempatan pertama mengambil undian nomor urut.

Nomor urut yang diambil Teno dan Gus Ipul tersimpan di dalam kendi. Karena itu, kendi lebih dahulu dipecahkan bersamaan. Baru mereka mengambil nomor urut. Setelah itu, Gus Ipul dan Teno langsung mengacungkan jemarinya sesuai nomor urut yang didapat.

Sejumlah ketua parpol pengusung Gus Ipul-Mas Adi kompak mengeluarkan poster nomor satu. Sementara, pentolan parpol pengusung Tegas, menyematkan sal kepada Teno dan Hasjim.

Ketua KPU Kota Pasuruan Royce Diana Sari mengatakan, nomor urut dan paslon telah ditetapkan untuk mencatat surat suara, keperluan kampanye dan dipasang di setiap tempat pemungutan suara pada hari pemungutan suara.

“Nomor urut ini sudah bisa digunakan untuk keperluan kampanye dua paslon. Berlaku sejak ditetapkan pada 24 September,” katanya.

Calon Wali kota nomor urut satu, Gus Ipul mengatakan, momentum Pilwali harus menjadi bagian dari proses demokrasi yang harus dilalui. Sekaligus, bisa menjadi proses pendewasaan politik dalam memilih pemimpin.

“Tentu dengan komitmen mengikuti tahapan dengan taat ketentuan dan selalu mengutamakan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Gus Ipul juga sempat mengucapkan selamat kepada paslon Tegas yang mendapatkan nomor urut dua. “Kepada Mas Teno dan Mas Hasjim, keduanya sahabat saya. Saya ucapkan selamat telah mendapatkan nomor dua dan kami dipilihkan nomor satu,” katanya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Gus Ipul juga sempat melontarkan pantun. “Kalau ada pintu, kenapa harus lewat jendela. Kalau ada nomor satu, kenapa harus….lewat jendela,” tuturnya disambut gelak tawa pendukungnya.

Sumber: RadarBromo