ISTANA MERDEKA KEMBALI AKAN DI KIBARKAN BENDERA PUSAKA

ISTANA MERDEKA KEMBALI AKAN DI KIBARKAN BENDERA PUSAKA

PPP jatim – Peringatan detik-detik proklamasi Republik Indonesia akan digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2015). Upacara pengibaran bendera pusaka merah putih akan dimulai pukul 10.00 WIB.

Presiden Joko Widodo akan bertindak sebagai inspektur upacara, sedangkan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto akan membacakan teks proklamasi. Seorang perwira dari Garnisun akan bertindak sebagai pemimpin upacara.

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) adalah 68 siswa dan siswi kelas XI SLTA/sederajat perwakilan dari seluruh provinsi. Anggota Paskibraka itu akan dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok Nakula dan kelompok Sadewa.

Kelompok pertama akan mengibarkan bendera pusaka dan kelompok kedua akan bertugas dalam upacara penurunan bendera pusaka pada sore harinya. Pembagian kelompok Paskibraka ini dilakukan pada Minggu (16/8/2015) malam atau Senin (17/8/2015) pagi.

Pemberitahuan pembagian penugasan itu sengaja dilakukan di menit-menit akhir agar semua anggota Paskibraka menyiapkan diri untuk tugas apapun yang ditentukan.

Setelah upacara peringatan proklamasi, Presiden Jokowi akan menggelar jamuan makan bersama para veteran di halaman Istana Kepresidenan. Rangkaian acara peringatan proklamasi 70 tahun kemerdekaan RI akan ditutup dengan jamuan makan malam kenegaraan di tempat yang sama. Ribuan tamu akan hadir dalam upacara ini.

Di antaranya adalah mantan presiden dan mantan wakil presiden, para menteri Kabinet Kerja, pimpinan lembaga tinggi negara, dan lainnya. Khusus untuk acara kenegaraan ini, hampir seluruh bagian Istana Kepresidenan telah didekorasi dengan tema kemaritiman.

Lalu lintas di sekitar Istana juga akan direkayasa selama berlangsungnya acara kenegaraan tersebut.