Kurangi Stunting dan Gizi Buruk, Bupati Jombang Ajak Masyarakat Konsumsi Ikan

Kurangi Stunting dan Gizi Buruk, Bupati Jombang Ajak Masyarakat Konsumsi Ikan

Guna mengurangi stunting, salah satu langkah yang dilakukan pemerintah yaitu melalui program Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Pelaksanaan Safari Gemarikan kali ini dilaksanakan di dua tempat, yakni Kecamatan Perak dan Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Selasa (09/3/2021).

Dalam giat ini, pemerintah mengajak, khususnya ibu hamil dan menyusui untuk mengurangi stunting dan gizi buruk di Kabupaten Jombang.

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab menuturkan, sedikit demi sedikit diajak anak-anak untuk makan ikan, dan diterangkan serta dijelaskan tentang apa yang ada didalam kandungan ikan itu.
“Itu dibutuhkan untuk kita, dengan makan ikan ada kandungan gizi dan sebagainya. Hal itu untuk menumbuhkan kesehatan, kecerdasan, serta kekuatan,” tukasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PPP, Emma Umiyyatul Chusnah menjelaskan, kegiatan Safari Gemarikan di Kabupaten Jombang dalam bulan ini ada dua titik, pagi di Kecamatan Perak, dan siang di Kecamatan Plandaan.

“Yang mana targetnya sama, yakni pencegahan stunting ibu hamil, ibu menyusui atau untuk ibu-ibu yang usia produktif. Juga kepada remaja-remaja putri. Dan ini target dari Kementerian KKP untuk bagaimana penerus bangsa ini gizinya terpenuhi melalui gerakan makan ikan,” jelasnya.
Emma mengungkapkan, karena naiknya angka stunting dan gizi buruk di Kabupaten Jombang ini, maka harus ada langkah-langkah dengan adanya program budidaya ikan dalam ember (Budidamper).

“Jadi satu rumah, itu diberi satu buah ember yang mana bibit benih dan makanannya itu juga sudah dari pemerintah. Tinggal masyarakat bagaimana untuk merawat ikan itu, sehingga dikonsumsi bersama,” pungkasnya.

Dalam pelaksanaan Safari Gemar Ukan tersebut, ibu-ibu undangan yang hadir menerima bantuan ikan yang diberikan secara simbolis.

Dalam Safari Gemarikan di Kecamatan Perak, juga dihadiri oleh Sekretaris Direktorat Jendral Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (Sesditjen PDSPKP), Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Kadis KKP) Provinsi Jawa Timur, dan Camat Perak.

Memorandum