Lebih Dekat dengan Gus Aang Sekretaris Jendral PPP 2020-2025

Lebih Dekat dengan Gus Aang Sekretaris Jendral PPP 2020-2025

Surabaya – Pada saat Harlah ke -48 PPP (5/1) Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa menunjuk Muhammad Arwani Thomafi sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PPP periode 2020-2025.

Norhadi SPd MM  wakil Ketua DPW PPP Jatim bidang Komunikasi mengungkapkan, terpilihnya Muhammad Arwani Thomafi semoga berkah buat PPP, agar menjadi lebih maju dan lebih baik lagi. Karena sekjend sekarang ini adalah harapan kader di Jawatimur, sebagai basis terbesar PPP dari kalangan Nahdliyin. “ Gus Aang biasa dia disapa adalah harapan PPP Jatim agar sekjend diisi unsur kader PPP dari  Nahdlatul Ulama, muda, cerdas, berprestasi, pengalaman, dan dari kalangan pesantren,” katanya.

“Saya sepakat dengan Ketum jika pengurus akan diwarnai generasi muda, usia 40-an akan mendominasi jajaran DPP PPP akan datang. Jumlahnya tidak melebihi 45 seperti dalam AD/ART partai, saya optimis PPP akan besar” ungkap Cak Nor sapaanya.

Dijelaskannya, H. Muhammad Arwani Thomafi adalah salah satu dari sekian politisi muda Indonesia yang mewakili Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Senayan. Lahir di Rembang, Jawa Tengah pada 21 November 1975, Thomafi bisa disebut sangat akrab dengan percaturan politik nasional bahkan dalam usia yang belum genap menginjak 40 tahun.

Sebelum terpilih sebagai wakil dari daerah pemilihan Jawa Tengah III (meliputi wilayah Kabupaten Grobongan, Blora, Rembang, dan Pati) untuk menempati jabatan di Senayan, alumnus Fakultas Syariah IAIN Sunan Kalijaga Yogya ini telah aktif sebagai kader muda PPP bahkan telah memperoleh amanah mengampu beberapa jabatan puncak di tubuh partainya sendiri.

Pada 2011 lalu misalnya, Thomafi dipercaya mengampu jabatan sebagai Ketua Bidang Komunikasi dan Hubungan Media DPP PPP periode 2011-2015. Berjarak beberapa tahun kemudian, politisi yang melanjutkan pendidikan formal ke bidang hukum pada Universitas Diponegoro, Semarang ini dilantik sebagai Sekretaris Fraksi PPP di DPR RI.

Tentunya, capaian politik Thomafi banyak didasari kerja keras dan kegigihan dalam menghadapi percaturan politik nasional yang memang tidak mudah. Saat pemilihan calon legislatif misalnya, daerah pemilihan yang diwakili politisi yang juga berprofesi sebagai guru dan dosen ini dikenal sebagai basis golongan nasionalis. Bukan perkara mudah bagi Thomafi menyakinkan masyarakat dan partai pendukung lain mengingat elemen religius yang sangat kental melatarbelakangi pribadinya.

Meski mengandalkan jaringan pesantren dalam strategi kampanye pemilihan caleg, putra almarhum tokoh PPP K.H. Thoyfur ini membantah telah mengandalkan nama besar ayahnya dalam pesta politik saat itu. Gus Aang, sapaan akrab putra keempat dari 11 bersaudara, mengaku sudah lama aktif dalam berbagai organisasi baik kemasyarakatan maupun keagaaman seperti jabatan Ketua Yayasan Alhamidiyyah Lasem dn kinerjanya sebagai kader PPP.

Dalam kinerja keseharian, Thomafi duduk sebagai anggota Komisi VIII DPR RI yang membawahi bidang agama, sosial, dan pemberdayaan perempuan dan bekerja sama dengan beberapa kementrian dan kelembagaan seperti Kementrian Agama, Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan, Komisi Perlindungan Anak Indonesia, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana, ditambah beberapa departemen dan lembaga lain.

Selama menjabat anggota Dewan, Arwani Thomafi dilantik sebagai Sekretaris Fraksi PPP di DPR, anggota alat kelengkapan Dewan bersifat tetap BURT (Badan Urusan Rumah Tangga) dan Wakil Ketua Panitia Kerja (Panja) Rancangan Undang-Undang Pemilihan Umum (RUU Pemilu). Terkait kinerja terakhir disebut, Thomafi sempat membuat penegasan melalui media nasional bahwa seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang berhak memilih namun belum terdaftar dalam Daftar Pemilihan Tetap (DPT) pada Pemilu 2014 mendatang tidak akan kehilangan hak pilihnya.

Karir

  • Guru dan Dosen
  • Wakil Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
  • Ketua, Yayasan Alhamidiyyah Lasem
  • Anggota, Fraksi PPP, Komisi VIII DPR RI
  • Anggota BURT (Badan Urusan Rumah Tangga) DPR RI
  • Sekretaris Fraksi PPP DPR RI
  • Ketua Bidang Komunikasi dan Hubungan Media DPP PPP, 2011-2015

” Melihat profile Gus Aang panggilan Arwani Thomafi sekretaris jendral PPP terbaru ini , saya yakin optimis PPP akan bangkit, jaya, menang,” pungkas Cak Nor.

(dbs)