Putusan Muskerwil, PPP Jawa Timur Target Kemenangan Pilkada di 7 Daerah

Putusan Muskerwil, PPP Jawa Timur Target Kemenangan Pilkada di 7 Daerah

PPP Jawa Timur menggelar Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) di Kediri, Sabtu (28/12/2019) kemarin.

Selain diikuti pengurus DPC se-Jawa Timur, acara ini juga dihadiri oleh Muhammad Arwani Thomafi, Wakil Ketua Umum PPP.

Satu di antara agenda Muskerwil tersebut adalah menentukan target kemenangan di 19 daerah yang menyelenggarakan pilkada.

Berdasarkan penjelasan Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Jawa Timur, Norman Zein Nahdi menjelaskan bahwa forum tersebut menargetkan tujuh di antara 19 daerah harus dimenangkan.

”Muskerwil menetapkan ada tujuh daerah yang harus ditetapkan. Di antara yang ditargetkan adalah Situbondo dan Sumenep,” kata pria yang akrab disapa Didik tersebut ketika dikonfirmasi di Surabaya, Minggu (29/12/2019).

Di ketujuh daerah tersebut, PPP Jawa Timur mempriotaskan mengusung kader internal.

Ada beberapa pengurus DPC yang kami targetkan bisa maju. Baik untuk posisi pertama (kepala daerah) maupun posisi kedua (wakil kepala daerah),” jelas Didik.

Namun, tidak menutup kemungkinan untuk mengusung kader dari luar partai.

”Kader dari luar itu bisa kami ajak untuk bergabung dengan PPP atau bisa juga dengan mengusung pasangan yang dicalonkan oleh koalisi,” katanya.

Namun, sekalipun mengusung dari luar partai, pihaknya tetap meminta komitmen untuk ikut membesarkan PPP di Jawa Timur.

”Artinya, dalam rangka memenangkan pemilu 2024, calon yang diusung oleh PPP harus berkomitmen untuk menambah kursi di daerah tersebut,” terangnya.

Selain membahas target pilkada, Didik menyebut partainya juga menindaklanjuti putusan Muskernas DPP yang dilakukan pertengahan Desember lalu.

”Kami menyosialisasikan jadwal Muktamar. Nantinya akan diseleggarakan pasca pelaksanaan Pilkada namun sebelum 2021,” terangnya.

Nantinya, sebelum pelaksanaan Muktamar, pihaknya akan terlebih dahulu menggelar Muskerwil di tingkat provinsi dan Muskercab di masing-masing kabupaten/kota.

”Kami akan menggelar pertemuan kembali untuk menentukan masukan apa saja yang akan kami sampaikan pada forum Muktamar,” terangnya.

Muskerwil tersebut juga menyosialisasikan dana Bantuan Politik (Banpol).

”Selain harus tepat sasaran dan manfaatnya, dana Banpol juga sebaiknya disertai laporan keuangan yang transparan,” pungkasnya.

Berikut Tujuh daerah di Jawa Timur yang Jadi Prioritas Pemenangan PPP di Pilkada 2020:

1. Situbondo
2. Sumenep
3. Kota Blitar
4. Trenggalek
5. Lamongan
6. Gresik
7. Jember

Sumber: TribunNews