Seberapa Siap Kita Menyongsong Revolusi Industri 4.0

Seberapa Siap Kita Menyongsong Revolusi Industri 4.0

Revolusi Industri 4.0 sudah sering kita dengar, bahkan menjadi tema acara yang sering kita hadiri. Akan tetapi, apa sih sebenarnya Revolusi Industri 4.0 tersebut?

Sebelum membahasnya, kita perlu tahu perkembangan revolusi industri dari masa ke masa.

Revolusi Industri adalah keadaan dimana banyak aspek kehidupan yang terpengaruh oleh perubahan global tersebut. Proses produksi atau jasa yang mulanya sulit, memakan waktu lama, dan memakan biaya mahal menjadi lebih mudah, lebih cepat, dan lebih murah dalam prosesnya.

Revolusi Industri 1.0
Sebelum masa ini, semua jenis kegiatan produksi mengandalkan tenaga manusia/hewan berikut di bantu tenaga air dan angin. Selain tidak efisien, juga terkendala tempat.
Sejak ditemukan mesin uap, terjadi perubahan besar-besaran pada kegiatan produksi, hampir 80 persen menggunakan tenaga mesin uap.

Revolusi Industri 2.0
Pada Revolusi Industri 1.0 semua proses produksi di selesaikan pada tempat yang sama. Lalu pada Revolusi Industri 2.0 dikenalkan Lini Produksi atau Assembly Line, dimana terdapat pembagian proses produksi yang lebih terorganisir. Divisi perakitan hanya bertugas melakukan perakitan, Divisi pembuatan roda hanya bertugas membuat roda.

Revolusi Industri 3.0
Setelah ditemukan mesin dan pembagian proses produksi pada Revolusi Industri sebelumnya, maka pada Revolusi Industri 3.0 terdapat pergeseran besar pada penempatan manusia. Dimana banyak pekerjaan yang awalnya dilakukan manusia, digantikan robot dan komputer. Pada masa ini, terjadi perkembangan pesat pada peradaban manusia, tidak hanya pada bidang industri akan tetapi juga di bidang informasi. Apa yang terjadi di benua lain, pada saat yang sama di benua berbeda kita bisa mengetahui secara real time.

Setelah kita mengenal Revolusi Industri terdahulu sekarang kita bahas Revolusi Industri 4.0

Revolusi Industri 4.0 merupakan fenomena yang mengkolaborasikan teknologi cyber dan teknologi otomatisasi. Konsep penerapannya berpusat pada konsep otomatisasi yang dilakukan oleh teknologi tanpa memerlukan tenaga kerja manusia dalam proses pengaplikasiannya.

Pada step kali ini, hampir semua proses dilakukan secara otomatis dan on time melalui jaringan internet.

Contoh mudahnya misal pada pabrik motor terdapat 4 divisi: Spare part, roda, rangka dan perakitan. Bagian manajemen secara realtime bisa langsung tahu berapa jumlah produksi spare part, berapa roda yang diproduksi, berapa jumlah motor yang di rakit perhari nya, atau bahkan berapa progress produksi pada saat manajer mengakses data produksi. Tidak perlu menghubungi supervisor divisi untuk mengetahui data yang dibutuhkan, semua bisa dilakukan secara online, dimanapun dan kapanpun selama terkoneksi dengan internet.

Pada Revolusi Industri 4.0 terdapat 9 inovasi teknologi yang menjadi pilar utama:
1. Internet of Things (IoT)
IoT (Internet of Things) memiliki kemampuan dalam menyambungkan dan memudahkan proses komunikasi antara mesin, perangkat, sensor, dan manusia melalui jaringan internet. Contoh: kita bisa transfer uang dimana saja dan kapan saja melalui aplikasi di gadget tanpa harus datang ke ATM atau Teller.

2. Big Data
Big Data adalah istilah yang menggambarkan volume data yang besar, baik data yang terstruktur maupun data yang tidak terstruktur. Big Data telah digunakan dalam banyak bisnis dan dapat membantu menentukan arah bisnis.

Data yang terkumpul akan di analisa oleh sistem sehingga bisa membantu dalam mengambil keputusan. Contoh: monitoring kondisi mesin pabrik, apakah komponennya sudah aus atau belum. Kalau di marketplace, kebiasaan belanja kita akan di rekam oleh pihak marketplace lalu data kebiasaan ini di olah, sehingga pada waktu berkala kita akan mendapat pemberitahuan untuk melakukan pembelian kembali atau melakukan pembayaran tagihan.

3. Augmented Reality (AR)
Augmented Reality adalah teknologi yang memperluas dunia fisik kita dengan cara menambahkan lapisan informasi digital ke dalamnya.
Misal kita mendekorasi ruangan, desain yang ada di komputer bisa langsung kita tampilkan di ruangan yang kita inginkan menggunakan perangkat AR. Salah satu contoh aplikasi yang menggunakan teknologi AR adalah permainan Pokemon Go!

4. Cyber Security
Karena semua proses informasi melalui jaringan internet. Maka untuk melindungi data-data tersebut diperlukan pengamanan yang biasa disebut Cyber Security, sedangkan tindakan yang sengaja dilakukan untuk membobol data disebut Cyberattack.

5. Artificial Intelegence
Merupakan sebuah teknologi komputer atau mesin yang memiliki kecerdasan layaknya manusia. Fungsi utama AI adalah memproses dan mempelajari data yang diterima sehingga secara mandiri dapat mengambil keputusan layaknya manusia. Bagi anda yang pernah menonton film Iron Man, maka tentunya tidak asing dengan Jarvis asisten teknologi dari Iron Man, Jarvis ini adalah AI.

6. Addictive Manufacturing
Additive manufacturing merupakan terobosan baru di industri manufaktur yang sering dikenal menggunakan printer 3D.

7. Simulation
Model mewakili sistem itu sendiri, sedangkan simulasi mewakili operasinya dari waktu ke waktu. Simulasi digunakan dalam banyak konteks, seperti simulasi teknologi untuk optimalisasi kinerja, teknik keselamatan, pengujian, pelatihan, pendidikan, dan video game.

8. System Integration
Sistem integrasi atau integrated system merupakan rangkaian yang menghubungkan beberapa sistem bagi secara fisik maupun fungsional.

Contoh mudahnya disebuah perusahaan, ketika bagian keuangan melakukan update kondisi keuangan perusahaan, jajaran direksi bisa langsung mengetahui saat itu juga dari tempat berbeda tanpa harus bertanya pada bagian keuangan.

Contoh lainnya, ada seorang warga yang melihat tindak kejahatan, lalu melapor melaui aplikasi atau pesan whatsapp pada command centre pemkot, secara sigap petugas command centre meneruskan informasi yang didapat pada petugas kepolisian yang dekat dengan lokasi tindak kejahatan sehingga tidak butuh waktu lama pihak kepolisian bisa langsung bertindak.

9. Cloud Computing
Cloud Computing adalah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengolahan data dan aplikasi. Semua data yang dikumpulkan dari proses dilapangan akan diproses pada server virtual, sehingga data ini bisa di terima oleh banyak pengguna.

Dari 9 teknologi penunjang Revolusi Industri 4.0, apakah anda sudah menggunakan semua? Lalu, bagaimana cara anda mengenalkan teknologi ini pada keluarga, sejawat dan lingkungan anda? Atau jangan-jangan anda masih berkutat pada Revolusi Industri 3.0

(~sd)