Dapat Nomor Urut 3 di Pilkada Tuban 2020, Paslon SetiaNegara Optimis Menang

Dapat Nomor Urut 3 di Pilkada Tuban 2020, Paslon SetiaNegara Optimis Menang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, Jawa Timur, telah menetapkan nomor urut pasangan calon (Paslon), Bupati dan Wakil Bupati Tuban periode 2020-2024, melalui metode pengundian.

Penetapan nomor urut paslon yang berlangsung di aula salah satu resto yang ada dikawasan jalan M Yamin, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban tersebut berlangsung aman dan kondusif. Kamis, (24/09/2020).

Ketua KPU Kabupaten Tuban, Fathul Iksan mengatakan, sesuai Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 yang sudah diubah menjadi PKPU Nomor 5 Tahun 2020, bahwa saat ini pelaksanaan penetapan nomor urut pasangan calon.

“Hari ini tahapannya ialah pengundian nomor urut paslon yang sudah ditetapkan pada 23 September 2020 kemarin,” jelas Fathul begitu sapaan akrabnya.

Pengundian nomor urut ini dilaksanakan dalam rapat pleno terbuka dengan sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis) PKPU RI. Dalam tahapan ini, KPU menetapkan pasangan Khozanah Hidayati – Muhammad Anwar sebagai nomor urut 1. Pasangan Aditya Halindra Faridzky – Riyadi nomor urut 2, dan pasangan Setiajit – RM. Armaya Mangkunegara mendapatkan nomor urut 3.

“Untuk ketiga paslon ini sudah resmi mendapatkan nomor urut yang nantinya menjadi dasar untuk mencetak surat suara pemilihan,” paparnya.

Ia menambahkan, setelah pengundian nomor urut, tahapan selanjutnya melakukan kampanye yang baru dimulai pada 26 September 2020. Akan tetapi, kegiatan kampanye sendiri sudah muncul perubahan peraturan terbaru.

Diantaranya, penghapusan metode kampanye yang bersifat mengumpulkan massa. Seperti rapat umum, mengadakan bazar, jalan santa, juga kegiatan-kegiatan yang dapat mengundang banyak orang.

“Yang diatur adalah rapat terbatas, dan dibatasi maksimal 50 orang peserta setiap acara. Untuk metode kampanye dengan rapat umum, bazar, jalan santai sudah dihapus,” tegasnya.

Sementara itu, Setiajit mengatakan, dirinya merasa bersyukur telah mendapatkan nomor urut 3 didalam Pilkada tahun 2020 ini. Pasalnya, partai pengusungnya, dalam hal ini PDIP juga memiliki nomor urut 3.

“Jadi tidak terlalu sulit memperkenalkan kepada masyarakat, karena PDI juga nomor 3. Jadi insyaallah menang,” ucap Setiajit didampingi pasangannya, RM Armaya Mangkunegara.

Mantan Kepala ESDM Jawa Timur ini juga berpesan kepada seluruh masyarakat, kader, dan anak-anaknya agar dalam Pilkada ini tetap tenang, damai, ayem tentrem seperti yang dikehendaki oleh pemerintah.

Terkait adanya peraturan baru dari KPU terkait batasan atau larangan-larangan dalam pelaksanaan Pilkada ini, paslon yang ber tagline Tuban Milik Bersama ini sangat memahami, karena pesta demokrasi kali ini berlangsung ditengah pandemi, jadi harus tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan.

“Apapun yang diatur oleh KPU ini harus kita ikuti bersama, sehingga kita semua dapat senantiasa sehat dan selamat dari wabah Covid19,” pungkasnya.

Sebatas diketahui, Pasangan Calon Bupati Setiajit, SH, MM dengan Calon Wakil Bupati Tuban RM. Armaya Mangkunegara, SH., M.H atau yang dikenal dengan singkatan SetiaNegara ini diusung oleh partai koalisi, yakni PDIP, Partai Gerindra, PAN, PPP dan juga PBB dengan jumlah total sebanyak 16 kursi.