KPU Kediri Sahkan Anak Pramono Anung Lawan Kotak Kosong di Pilkada

KPU Kediri Sahkan Anak Pramono Anung Lawan Kotak Kosong di Pilkada

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri, Jawa Timur menetapkan satu pasangan calon sebagai peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020, yakni pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana-Dewi Maria Ulfa.

“KPU Kabupaten Kediri telah melaksanakan pleno tertutup terkait dengan penetapan pasangan calon dan penetapan pemilihan dengan satu pasangan calon,” kata Ketua KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarmi di Kediri, Rabu (24/9/2020) dilansir dari Antara.

Ia mengatakan, pasangan Dhito-Dewi telah memenuhi persyaratan. Pasangan ini juga telah menjalani tes kesehatan dan hasilnya telah memenuhi syarat.

“Bahwa bakal pasangan calon Hanindhito Himawan Pramana-Dewi Maria Ulfa dinyatakan telah memenuhi syarat dan ditetapkan sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kediri dalam Pilkada 2020,” ujar Ninik.

Hanindhito Himawan Pramana dan Dewi Maria Ulfa mendaftarkan diri menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati Kediri periode 2020-2025. Pasangan ini mendapat dukungan seluruh partai politik di DPRD Kabupaten Kediri.

Mereka adalah PDI Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa, Golkar, Partai Amanat Nasional, Demokrat, Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera, Gerindra, dan Partai Persatuan Pembangunan. Ditambah tiga partai pendukung non parlemen, yakni Hanura, Partai Garuda, dan PSI.

Sementara itu, Hanindhito mengaku bersyukur setelah penetapan ini. Selanjutnya, ia dengan tim akan memikirkan untuk fokus kegiatan ke depan. Hanindhito memngakui dirinya akan melawan kotak kosong karena tak ada lagi yang mendaftarkan diri sebagai peserta Pilkada Kediri.

Meski akan melawan kotak kosong, Hanindhito merasa perjuangan yang akan dihadapinya sama saja. Bahkan, anak dari Sekretaris Kabinet RI Pramono Anung ini menilai lebih sulit melawan kotak kosong.

“Tidak ada perlakuan khusus kotak kosong, karena kotak kosong ini tidak terukur pergerakannya, tidak ada data statistik yang menjadi acuan,” katanya.

Dirinya menambahkan, hal itu berbeda dengan ada lawan saat pemilihan, karena tim bisa mengukur pergerakan dari lawan. Namun, ia tetap komunikasi aktif dengan seluruh partai pendukung dan pengusung, untuk pemenangan pilkada.

Hanindito diketahui anak dari politikus PDIP yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Kabinet RI, Pramono Anung. Ia akan bertarung di tempat yang merupakan daerah pemilihan Pramono Anung saat menjadi anggota legislatif. Di legislatif, Pramono bertahan selama empat periode.

Sumber: Tirto