Rijanto – Marhaenis Nomor 1, Mak Rini – Rahmat Santoso Nomor 2

Rijanto – Marhaenis Nomor 1, Mak Rini – Rahmat Santoso Nomor 2

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar menggelar Rapat Pleno Terbuka pengundian nomor urut pasangan calon (paslon) pilbup, Kamis (24/9/2020). Dalam rapat pleno terbuka tersebut, ditetapkan pasangan Rijanto-Marhaenis Urip Widodo sebagai Paslon nomor urut 1. Sedangkan Rini Syarifah (Mak Rini) – Rahmat Santoso sebagai Paslon nomor urut 2.

Kedua pasangan calon tersebut memaknai nomor urut ini berbeda-beda. Paslon petahana Rijanto-Marhaenis mengaku nomor 1 adalah nomor keberuntungan, yang artinya satu kali lagi.

“Ini nomor keberuntungan, artinya satu kali lagi atas kehendak Allah,” kata Rijanto, usai pengambilan nomor urut, Kamis (24/9/2020).

Sementara, kubu Mak Rini-Rahmat Santoso  mengaku tidak penting mendapatkan nomor urut berapa, namun yang terpenting adalah memenangkan Pilkada dan membawa perubahan untuk Kabupaten Blitar.

“Yang terpenting target kita menang dan membawa perubahan untuk Kabupaten Blitar. Namun kalau boleh sedikit memaknai nomor urut ini menurut kami artinya 1 itu satu periode, 2 tentunya dua periode,” tandas Mak Rininya.

Usai pengundian nomor urut kedua Paslon, dilanjutkan deklarasi Pilkada damai di kantor KPU Kabupaten Blitar. Deklarasi damai tersebut, ditandai dengan pelepasan burung merpati sebagai simbol perdamaian yang diikuti kedua paslon, KPU, Bawaslu Blitar dan TNI- Polri.

Dalam pilbub dan wabub Blitar 2020 ini, Rijanto-Marhaenis diusung oleh 6 Parpol, yaitu PDIP, Demokrat, Golkar, Gerindra, Nasdem dan PPP. Sedangkan Mak Rini-Rahmat Santoso diusung tiga partai yaitu PKB, PAN dan PKS.